Beberapa Strategi Merebut Market di Era Digital
Romfamedia.co.id, Pangkalpinang –
Catatan Ary Prasetyo, S.T., M.M.
Dalam suatu kesempatan ngobrol bareng pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah [UMKM] Sebuah Toko Bangunan yang bernama Romfa Jaya, seorang pelaku Usaha Toko Bangunan di Kota Pangkalpinang bertanya kepada saya, bagaimana kiat merebut pasar bagi pelaku UMKM di era digital.

Sebagai penggiat UMKM, saya mencoba untuk memberikan pemahaman secara sederhana, mengingat hampir kebanyakan UMKM belum memahami strategi merebut pasar di tengah era digital seperti sekarang.
Pesatnya kemajuan teknologi di Indonesia membuat semuanya dipermudah salah satunya membuka banyak kesempatan untuk pelaku sektor bisnis. Pelaku bisnis Toko Bangunan bisa memanfaatkan teknologi, untuk merebut pasar, dengan memanfaatkan media online di social media dan sejumlah aplikasi yang menunjang bisnis mereka.
Kecanggihan tersebut harus benar benar dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis agar berkembang dan maju bisnisnya. Bertumbuhnya bisnis UMKM selama ini cukup membantu perekonomian Indonesia karena membuka lapangan pekerjaan untuk para jobseeker yang membutuhkan pekerjaan dan keterampilan.
Kemajuan teknologi yang kian canggih setiap harinya merubah perilaku masyarakat kita menjadi gemar belanja daring. Terlebih saat pandemic covid kemarin, jumlah belanja online meningkat drastis karena banyak orang yang tidak boleh keluar rumah karena PSBB.

Namun seiring dengan banyaknya bisnis UMKM secara online yang dibangun, banyak juga sebagian bisnis yang bangkrut karena banyaknya persainan antar kompetitor yang kian bagus dan uptodate Tapi anda tidak perlu khawatir, untuk menghindari berbagai kegagalan dalam membangun bisnis Toko Bangunan di era digital ini ada beberapa tips dan kiat bagaimana agar Toko Bangunan kita bisa maju dan sukses di era digital :
- Menjalin hubungan yang baik dengan customer
Dalam membangun sebuah bisnis UMKM kepuasan kosumen adalah nomer satu, dengan begitu customer akan kembali membeli produk kita. Menjalin hubungan yang baik dengan customer adalah kunci berkembangnya sebuah bisnis, karena mereka bisa dengan mudah berkomuikasi dengan penjual melalui media social, bahkan mereka bisa memberikan review terhadap produk yang sudah dipakai. Selain itu dengan memakai media daring kita juga bisa membuat kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan customer terhadap produk yang ada guna mejawab kebutuhan konsumen yang diinginkan.
- Tingkatkan Kelengkapan Jumlah Barang
Upaya lain yang tidak kalah penting agar Toko Bangunan kita maju adalah meningkatkan kelengkapan jumlah barang di Toko Bangunan kita. Pengunaan teknologi canggih tapi tidak dibarengi dengan ketersediaan barang maka akan sia sia, karena jumlah stok barang jualan yang terjaga akan meningkatkan penjualan bisnis.
Dalam peningkatan jumlah barang biasanya biaya dan modak akan ikut naik tetapi anda tidak perlu khawatir karena dengan lengkapnya barang konsumen tidak kecewa karena setiap barang yang dibutuhkan bisa didapatkan di Toko Bangunan kita.
- Mengetahui kebutuhan pasar
Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengetahui kebutuhan konsumen atau pasar. Cara tersebut bisa kamu lakukan dengan mengamati tren apa sih yang sedang booming saat ini, produk apa yang saat ini masyarakat butuhkan. Dengan mengikuti tips tersebut bisnis Toko Bangunan kamu dijamin akan menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar yang bisa membawa kesukseskan.
- Memanfaatkan media social
Saat ini hampir semua orang nampaknya memiliki social media mulai dari Instagram, facebook,twitter, youtube bahkan tiktok yang sedang melesat. Peran media social tersebut harus dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Toko Bangunan yang kita miliki, karena masyarakat kini lebih suka berbelaja online karena dinilai lebih hemat dan praktis. Apalagi kalau menggunakan layanan delivery Order, maka masyarakat akan lebih memilih duduk manis dirumah dan barang sampai ke rumah konsumen.
Media social tersebut dipakai untuk sarana promosi produk, sarana penjualan, menerima keluhan customer hingga sarana transaksi pembayaran . Dengan memakai sarana marketplace pengusaha dapat mejangkau pasar lebih luas hingga mancanegara dengan pilihan budget yang hemat dan efisien. Tetapi, walau hemat budget kita dituntut untuk membuat kontent yang menarik, kreatif dan uptodate agar menarik perhatian konsumen.
- Promosi menggunakan platform online
Promosi merupakan hal yang penting agar produk yang kamu jual bisa dikenal banyak orang, dengan adanya platform media social pelaku UMKM bisa semakin mudah mempromosikan produk mereka dengan cepat dan gratis. Jangkauan pasar pun bisa luas. Selain media social, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi yang mendukung bisnis UMKM kamu seperti aplikasi administrasi, akuntansi, pembukuan, dan masih banyak lagi agar mempermudah kamu menjalankan bisnis karena lebih efisien dari segi waktu dan tenaga.
- Terus melakukan inovasi
Kecanggihan teknologi mempermudah bisnis kita untuk bisa berkembang, namun di tengah derasnya bisnis online yang sangat pesat, semakin banyak pelaku usaha yang menciptakan keunikan untuk bisnis mereka. Tetapi anda tidak perlu cemas, salah satu tips yang harus dilakukan agar bisnis anda adalah terus melakukan inovasi entah itu inovasi dari segi produk, content promosi, content iklan, atau lainnya. Terus melakukan inovasi dalam sebuah bisnis memang tidak mudah, tapi dengan adanya riset, kreativitas, dan ketekunan anda pasti bisa membawa bisnis Toko Bangunan anda pada kesuksesan.
Itulah beberapa tips atau kiat yang harus anda coba agar bisnis Toko Bangunan anda bisa bertahan dan berkembang di era digital, semoga trik trik yang kami beri bisa memberikan insight tambahan bagaimana seharusnya anda bersikap agar bisnis yang anda baru mulai atau sudah lama dibangun bisa semakin berkembang dan semakin meningkat pesat.